53ptin4’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

PRIA JUGA PENULAR KANKER

Meski kanker leher rahim merupakan penyakit perempuan, ternyata kaum lelaki memiliki peran cukup besar dalam penyebarannya. Lelaki yang pernah menikah dengan perempuan penderita kanker leher rahim otomatis bisa menularkan penyakit tersebut kepada perempuan lain melalui hubungan seksual. Kanker leher rahim yang disebabkan oleh virus papiloma ini masih menjadi momok mengerikan di kalangan kaum Hawa. Berdasar data Departemen Kesehatan (Depkes), di Indonesia terdapat 90-100 kasus kanker leher rahim per 100.000 penduduk. Setiap tahun terjadi 200.000 kasus kanker leher rahim. Memang tidak semua kanker berakibat kematian, namun setidaknya kanker ini menurunkan kualitas hidup manusia, khususnya perempuan.

”Banyak perempuan yang seharusnya masih bisa berkarier, berguna bagi keluarga, negara dan bangsa tapi kehilangan harapan hidup begitu mengidap kanker ini. Yang unik, kendati penyakit ini spesifik milik perempuan, ternyata kaum lelaki justru berperan sangat besar dalam penularannya. Lelaki yang suka berganti-ganti pasangan, berisiko besar menularkan virus papiloma dari pasangannya yang menderita kanker leher rahim. Menurut Bambang, kontribusi kaum lelaki adalah multiple partner-nya sendiri. Seringkali penyakit kelamin seperti gonorhea dan herpes turut ditularkan. Maka disarankan pada kaum lelaki yang suka ”jajan” agar berhati-hati, sebab bukan tidak mungkin ia menjadi media perantara penyakit kanker leher rahim ke istrinya sendiri.

Kanker ini biasanya ditandai dengan gejala keputihan, pendarahan setelah sanggama, dan keluarnya cairan encer dari vagina. Jika kondisi ini dibiarkan maka pendarahan semakin banyak, bahkan bisa terjadi pendarahan spontan.

Selain berisiko pada mereka yang suka berganti pasangan, kanker leher rahim juga berpotensi diderita oleh perempuan yang menikah di usia muda. Pasalnya, mulut rahim di usia belia ini belum terlalu kuat untuk mengalami trauma hubungan seks. Kondisi lemah ini membuat mulut rahim rentan terhadap serangan virus yang paling ringan sekalipun. Bambang memaparkan, ada peningkatan dua kali lipat jumlah penderita kanker leher rahim pada perempuan yang memulai hubungan seks sebelum usia 16 tahun dibanding dengan yang berhubungan seks di atas usia 20 tahun.

Kiat menangkal penyakit mengerikan ini sebenarnya cukup mudah, yakni dengan rajin mendiagnosa diri. Makin dini kanker ini diketahui keberadaannya, makin mudah pula mengobatinya. Hindari berganti-ganti pasangan partner seks, jangan berhubungan seks terlalu dini, kurangi merokok, juga banyak mengonsumsi vitamin penangkal kanker seperti vitamin A dan C yang berfungsi sebagai antioksidan tubuh.

Yang terpenting adalah rajin-rajinlah melakukan pap smear begitu seorang perempuan sudah mulai aktif berhubungan seks. ”Tes pap smear ini merupakan pemeriksaan sitologi dengan tingkat sensitivitas yang cukup baik dan tergolong murah. Deteksi kanker rahim bisa dimulai dari sini,. Terbukti tes ini cukup efektif menurunkan angka kejadian dan kematian yang diakibatkan kanker mulut rahim. Biaya tes pap smear Rp125.000. Ini tergolong ringan ketimbang seorang perempuan harus menjalani pelbagai prosedur pengobatan pada taraf kanker yang parah.

Juni 30, 2008 - Posted by | Uncategorized

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: