53ptin4’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

masalah pada wanita

Menopause

PARA WANITA yang menghadapi datangnya “menopause” perlu mengelola datangnya masa tersebut dengan baik guna lebih meningkatkan kualitas hidup.
Menopause, katanya, merupakan proses alami dan tidak bisa diubah. Seorang wanita ketika mengalami menopause akan mengalami sejumlah perubahan biologis.
Secara khusus, lanjutnya, dapat dilihat pada menurunnya secara tajam fungsi ovarium (mulut rahim) yang bisa menurunkan produksi hormon seks, khususnya estrogen.
Selain itu, amenorrhea atau terhentinya menstruasi secara permanen merupakan tanda berakhirnya kemampuan wanita untuk mempunyai anak, dan hal ini berakibat stres secara psikologis pada sejumlah wanita.
Wanita yang mengalami masa menopause, baik menopause dini, pre-menopause (mulai usia 48 tahun), perimenopause (50 tahun) dan post menopause (di atas 52 tahun), umumnya mengalami gejala pendek (klimakterik) yang ditandai dengan
1. gejolak panas,
2. haid tidak teratur,
3. jantung berdebar,
4. nyeri saat berkemih.
5. tulang keropos (osteoporosis),
6. pikun serta stroke.
7. kepadatan penduduk yang tinggi dan terganggunya kondisi tubuh membuat
penduduk di Jatim rawan menopause dini (menopause berusia kurang dari 45
tahun).

Karena itu, ia menyarankan, menghadapi masa menopause perlu dikelola dengan baik, agar mampu meningkatkan kualitas dan harapan hidup. Cara yang dapat dilakukan dengan Terapi Sulih Hormon (TSH).
TSH adalah terapi untuk meningkatkan hormon estrogen dengan kombinasi Drosperinon (DRSP). “Seseorang yang menopause, akan mengalami penurunan hormon estrogen. Dengan meningkatkan hormon estrogen melalui TSH, akan mengatasi sindrom pada wanita menopause,” katanya.

Salah satu cara Atasi Keluhan Menopause:
a. konsumsi susu kedelai
Susu kedelai memiliki manfaat lain yaitu untuk mengatasi keluhan menopause pada wanita. Wanita Jepang gemar sekali makan produk olahan kedelai seperti susu kedelai, makanya usia menopause tinggi dan jarang mengalami keluhan pasca-menopause.
Selain dibuat tempe, kedelai juga banyak diolah menjadi susu atau yang lebih dikenal susu kedelai. Pembuatan susu kedelai telah berkembang di negara Cina pada abad ke-2 sebelum masehi. Dari negeri tirai bambu itu berkembang ke Jepang dan ke negara-negara Asia Tenggara setelahPerang Dunia II.
Ahli gizi Rumah Sakit Mohammad Hoesin (RSMH), Nita Chairani, M Kes mengatakan, susu kedelai memiliki kadar protein dan komposisi asam amino hampir sama dengan susu sapi. Susu kedelai juga tidak mengandung kolesterol. Kandungan protein dalam susu kedelai dipengaruhi oleh variatas kedelai. Susu kedelai dapat digunakan untuk meningkatan nilai gizi protein pada nasi dan makanan serealia lainnya.

Desember 10, 2008 - Posted by | Uncategorized

2 Komentar »

  1. haloo juga…….
    ada yang bisa dibantu?
    he.e.ee.
    kendala g punya2 pcr ya?

    Komentar oleh 53ptin4 | Juni 30, 2009 | Balas

  2. yup

    Komentar oleh 53ptin4 | Oktober 22, 2009 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: